Oleh Daniel Marinus Lokollo (25 September 1993/ FK)

 Abstraksi

 Malaria adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh parasit jenis Plasmodium (Kelas Sporozoa) dengan gejala demam berkala, anemia dan limpa membesar.

Di Indonesia sampai saat ini malaria masih merupakan masalah kesehatan masyarakat. Angka kesakitan penyakit ini masih cukup tinggi terutama di luar Jawa – Bali dan mengingat mobilitas penduduk semakin tinggi dikhawatirkan akan dapat menimbulkan letusan malaria di daerah reseptif (vector potential) yang selama ini tidak ditemukan kasus malaria.

Telah dilakukan beberapa upaya pemberantasan malaria namun masih terdapat kendala yang menyebabkan belum tercapainya tujuan program tersebut, diantaranya di bidang diagnosis, pengendalian vektor, perilaku manusia dalam pelaksanaan program dan sosial budaya masyarakat setempat maka perlu dipikirkan upaya pembangunan manusia dan teknologi dalam rangka pemberantasan malaria dengan tidak melupakan faktor perilaku dan sosial budaya. Untuk mengatasi hal tersebut diusahakan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pendidikan dan pelatihan, penataan sistem pelembagaan, penelitian dan pengembangan serta penerapan hasil penelitian dan pengembangan yang memadai (GBHN 1993).(AFN)

 Kata Kunci: Malaria, plasmodium,Anopheles maculates.

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/205/