Oleh Ronny Hanitijo Soemitro (6 Desember 1990/ FH)

Abstraksi

Dewasa ini hampir seluruh perilaku manusia di dalam kehidupan bermasyarakat diatur oleh hukum. Hukum masuk lebih dalam ke dalam kehidupan manusia di dalam masyarakat. Studi hukum dan masyarakat berusaha menelaah hukum sebagai lembaga social yang riil dan fungsional dalam kehidupan bermasyarakat.

Adapun sasaran dari tinjauan studi hukum dan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi adalah keseluruhan fenomena riil dan fungsional yang terjadi didalam masyarakat sebagai akibat dari kegiatan-kegiatan manusia dalam memperoleh, mengelola dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Lembaga teknologi telah lama diakui memegang peranan dalam perkembangan masyarakat. Setiap anggota masyarakat dapat memilih teknologi yang ingin dipergunakannya, meskipun setiap orang menghadapi keterbatasan-keterbatasan dalam memilih teknologi itu, Ini disebabkan karena factor-faktor ekonomi, pandangan masyarakat atau karena adanya pengaturan oleh ketentuan-ketentuan hukum.

Teknologi mekanis dan biologis merupakan satu kesatuan paket yang banyak dipakai secara bersama-sama. Berbagai alasan dikemukakan tentang perlunya menerapkan kedua teknologi itu secara komplementer. Karena penerapan jenis teknologi itu merupakanmasalah pilihan yang seyogyanya didasarkan pada kebutuhan obyektif, maka kerapkali timbul berbagai pendapat tentang implikasi positif dab negatif dari pemilihan paket teknologi yang diterapkan. Konsensus masyarakat dan kebijakan penguasa mengenai pilihan ini seharusnya dituangkan dalam bentuk peraturan hukum.(Sbd)

 Kata Kunci : hukum dan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/195/