Oleh : Soehardi (22 September 1990/ FE)

Abstraksi

 Dalam sejarah perkembangan pemikiran ekonomi ada 2 masalah kemasyarakatan yang menjadi pusat perbincangan yaitu masalah pertumbuhan dan masalah distribusi /pemerataan.Menurut pemikiran Kaum Merkantilis (abad ke 16-17), Smith (1723-1790), dan pemikiran Ricardo (1782-1823) menunjukkan bahwa pembagian kerja, pembentukan modal, serta keadaan pasar akan sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi.

Aspek perkembangan produksi serta aspek perkembangan kependudukan dalam lingkup peninjauan perkembangan perekonomian menimbulkan problematik distribusi, pemerataan dan kemiskinan.

Permasalahan pertumbuhan dan pemerataan menonjol dalam era pembangunan ini dan justru aspek pemerataan mendapatkan pengamatan yang lebih tajam yaitu dihubungkan dengan pemerataan dilihat dari kesempatan kerja, pemerataan dilihat dari segi pemerataan hasil-hasil pembangunan, pemerataan dilihat dari segi penyebaran kegiatan pembangunan serta pemerataan dilihat dari antar generasi yang memerlukan pembangunan yang berkelanjutan.

Keadaan geografis suatu negara sangat memberikan warna pada pendekatan wilayah dalam pembangunan, Beberapa aspek yang melandasi pemikiran pendekatan wilayah antara lain: pendekatan sistem, gerak konvergensi / pemusatan dan gerak divergensi / penyebaran dalam masyarakat. Pembangunan dengan pendekatan wilayah dikonkkretkan dalam perencanaan wilayah untuk hal ini diperkembangkan satuan-satuan wilayah pembangunan serta sub-sub wilayah pembangunan.

Pendekatan wilayah akan dapat melengkapi pendekatan makro dan pendekatann sektoral dalam pembangunan nasional sehingga dimensi yang tak terjangkau melalui pendekatan makro dan sektoral dapat didekati dengan pendekatan wilayah.

Kajian (Studies) tentang pertumbuhan, pemerataan dan pembangunan wilayah adalah hal yang sangat penting mengingat strategi pembangunan Indonesia adalah pemerataan, pertumbuhan dan stabilitas nasional. (IP)

 Kata kunci : pertumbuhan, pemerataan, pembangunan wilayah, pemikiran ekonomi.

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di http://eprints.undip.ac.id/191/