Oleh Sardanto Tjokrowinoto (13 Mei 1989/ FS)

Abstraksi

 Berbagai masalah kesusastraan yang sering menjadi berita baik dalam surat kabar atau berita tulisan maupun dalam percakapan atau berita lisan, mengutarakan adanya pendapat bahwa tanpa kesusastraan dan kesenian pun orang dapat hidup dan merasakan tidak ada yang kurang dan sampai menghendaki agar SMA Budaya dan yang sejenisnya serta fakultas sastra tidak bermanfaat dan membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya. Hal ini sangat disayangkan karena sesungguhnya karya sastra mampu memberikan kontribusi yang cukup baik dalam kehidupan masyarakat Indonesia, bahwa eksistensi SMA Budaya dan sejenisnya serta Fakultas Sastra bisa dipertanggungjawabkan dalam menggarap masalah-masalah bahasa, sastra, dan budaya serta kesenian yang ada dalam membuktikan peranan kesusastraan itu sendiri dalam Pembangunan Nasional.

Sastrawan di Indonesia amatlah peka terhadap tanda-tanda zaman dan alam sekeliling kemudian menyampaikan rasa gembira, kecewa, kagum, gelisah, dsb secara lugas, sinis, simbolis, dsb. Sejak masa ”Kebangkitan Nasional ” ini para sastrawan sungguh-sungguh ikut serta dalam pembangunan negara terbukti dengan adanya berbagai karya sastra seperti puisi, sajak, pantun dsbnya. dari para sastrawan mulai dari angkatan Pujangga Lama, Angkatan Pujangga Baru, Angkatan 45, dan Angkatan 66 dalam menunjukkan nasionalisme mereka hingga lahirnya ”Orde Baru” dan sampai sekarang pun mereka masih banyak menulis karangan yang bersifat perjuangan maupun nasionalisme. Kenyataan bahwa kesusastraan ikut berperan penting dalam berbagai bidang pembangunan terlihat dari taunya masyarakat akan baca tulis, Surat-Surat Alquran dalam kehidupan beragama, iklan propaganda atau promosi perdagangan dalam perekonomian, munculnya sajak-sajak demonstrasi pada masa peralihan, serta adanya karya-karya sastra dalam meredam kekerasan dan kekejaman pada zaman perang. (HM)

Kata kunci : kesusastraan indonesia, karya sastra, pancagatra, pembangunan nasional

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di : http://eprints.undip.ac.id/176/