Oleh Soeharjo (30 Oktober 1989/ FE)

Abstraksi

Pidato pengukuhan guru besar ini berjudul “Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia dan Tantangannya di Masa Depan” dilatar belakangi manajemen sumber daya manusia yang mempunyai peranan stategis bagi perusahaan dalam menghadapi perkembangan dan tantangan di masa depan. Dalam perkembangan teknologi yang demikian cepat maka perusahaan akan lebih banyak menghadapi masalah-masalah manusia dari pada masalah teknis.

Tujuan penulisan agar perusahaan menghargai martabat karyawan sebagai manusia serta memberi kesempatan untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi yang ada padanya. Agar mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pendayagunaan yang optimal dari sumber daya manusia dalam suatu perusahaan serta penempatan yang layak dan menjamin kerja yang efektif. Membina kerja sama dengan mempertimbangkan hubungan antar manusia. Meningkatkan kebutuhan jasmani dan rohani karyawan dalam perusahaan.

Pandangan atau pendekatan manusia sebagai tenaga kerja melalui pendekatan mekanikal yakni memandang manusia sebagai faktor produksi yang dapat diganti. Pendekatan paternalistik, didasarkan pada pandangan bahwa manusia memiliki berbagai macam kebutuhan ( fisik dan psikis) yang perlu dipenuhi. Pendekatan sistim sosial, organisasi/ perusahaan dipandang sebagai satu sistim pusat yang kompleks yang beroperasi dalam suatu lingkungan yang kompleks pula. Pendekatan sumber daya manusia yang memandang manusia sebagai makhluk yang menghendaki perkembangan, menginginkan kegiatan sesuai kemampuan dan makhluk yang berhasrat mengaktualisasi diri.

Hasil yang diharapkan, di negara kita baik pengusaha maupun karyawan menyadari hak dan kewajibannya. Masing-masing pihak saling menghormati, saling membutuhkan, saling mengerti peranan serta hak dan melaksanakan kewajibannya masing-masing dalam keseluruhan proses produksi. Pengusaha perlu menjamin pemberian imbalan yang layak sesuai sumbangan jasa dan kemajuan yang dicapai perusahaan. Karyawan harus memiliki kesadaran turut bertanggung jawab atas kelancaran, kemajuan dan kelangsungan hidup perusahaan. (SEP)

Kata Kunci : manajemen, sumber daya, perusahaan.

Full teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dapat didownload di : http://eprints.undip.ac.id/183/