Oleh Muhammad Muhtar Arifin Sholeh

WORLD OF INFORMATION & LIBRARY (WIL) seri ke-4

Dalam artikelnya berjudul “Internet Resources in Engineering” (dimuat di buku Macleod, R.A. & Corlett, J. (eds.) Information Sources in Engineering (Guide to Information Sources), (2005), Rowe menyatakan:
A resource can be defined as something that supplies a want or as stock that can be drawn on. A narrow interpretation might restrict it to end products, i.e. specific documents, video clips, music, etc., and their data content. But the tool that discovers the end product, the site hosting it and for that matter the software underlying all these elements, are an integral part of the information supply process and can be seen as resources with their own culture and identity (Rowe, 2005:175).


Namun, Sayles (1978), dalam artikelnya berjudul “Bookman’s folly: a hymn to reference as information services”, menyebutkan:
The world of information extends within and beyond the book, the library, the community. It exists in people, places and things. It surrounds us in every conceivable form. Accordingly, librarians and students should search for information within and beyond books and other formats, inside and beyond library, in and beyond the immediate community.

Dari definisi tentang sumber informasi (information resource) tersebut di atas, dapat diketahui bahwa sumber-sumber informasi dikategorikan menjadi tiga besar, yaitu dokumen (information documents), tempat (information places), dan media (information media). Namun demikian, manusia tetap sebagai sumber informasi utama, karena manusialah yang membuat dan menggerakkan tiga hal tersebut. Selain itu, harus diingat dan diyakini, bahwa manusia diciptakan oleh Allah al-Khaliq. Jadi, sesungguhnya sumber utama dari segala sumber informasi utama adalah Allah Ta’alaa, al-‘Aalim (Maha Mengetahui, Pemilik & Sumber Ilmu/informasi).

Dokumen Informasi (information documents)

Dokumen informasi yang dimaksud adalah dokumen sebagai sumber informasi. Dokumen terdiri dari dokumen cetak (printed document) dan dokumen bukan cetak (non printed document). Dokumen cetak adalah dokumen yang berwujud cetakan seperti meliputi buku, jurnal, majalah, surat kabar, leaflet, undangan, dsb-dsb. Dokumen bukan cetak adalah dokumen yang terbuat dari metal atau plastik dan secara elektronik atau direkam, seperti slide film, micro film, kaset pita, CD, VCD, CD ROM, dsb-dsb.
Buku adalah karangan seseorang atau lebih tentang suatu ilmu yang terdiri dari beberapa bab, yang masing-masing bab biasanya berkaitan satu dengan lainnya. Buku juga disebut dengan monograph karena ia adalah bentuk karangan dalam satu disiplin ilmu tertentu dan diterbitkan tidak berseri secara rutin namun setiap tahunan. Kelebihan buku adalah penulisannya mendalam, mencakup banyak aspek yang dibahas, dan merupakan satu kesatuan pemikiran yang utuh dalam satu disiplin ilmu. Sedangkan kelemahannya adalah buku akan lebih cepat ketinggalan perkembangan ilmu karena diterbitkan tahunan. Karena pembahasan yang mendalam, seseorang kadang enggan mengkaji buku secara detail. Buku digunakan sebagai sumber teori atau konsep yang diperlukan dalam kegiatan belajar, mengajar dan penelitian. Termasuk dalam konteks ini adalah buku kamus, buku ensiklopedi, buku direktori, dsb.

Tempat Informasi (information places)

Tempat informasi adalah tempat tertentu yang dapat dijadikan sumber informasi, atau tempat pengambilan informasi tertentu, seperti perpustakaan, rumah sakit, bank, pasar, kantor polisi, kebun binatang, dsb-dsb. Kita datang ke tempat tertentu, sesuai dengan informasi tertentu yang diinginkan. Perpustakaan menyediakan informasi tentang koleksinya, seperti buku-buku ilmu tertentu, buku peta, buku tentang hobi tertentu, dsb-dsb. Jika dating ke rumah sakit, kita akan memperoleh informasi tentang obat, penyakit, pasien, dokter, dsb-dsb. Jika kita ingin informasi tentang tabungan, nilai tukar uang, dsb., kita dapat datang ke bank. Namun, jika ingin informasi tentang harga-harga barang, produk barang, jenis sayuran, jenis ikan, dsb., kita dapat pergi ke pasar. Jika ke kantor polisi, kita akan mendapatkan informasi tentang jenis kejahatan, syarat memperoleh SIM atau STNK, syarat menjadi polisi, dsb-dsb. Jika ingin memperoleh informasi tentang jenis, bentuk, dan suara binatang, silahkan datang ke kebun binatang.

Media Informasi (information media)

Media informasi ialah media, alat, atau sarana untuk memperoleh suatu informasi, apakah dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau informasi angka. Media informasi dapat berwujud macam-macam seperti radio, televisi, tape recorder, VCD/DVD recorder, computer, kalkulator, dsb-dsb. Radio dan tape recorder menyediakan informasi suara tentang apa saja yang disajikan dalam siarannya. Televisi, VCD/DVD recorder, atau computer menyiapkan infomasi gambar dan suara yang ada di programnya. Selain itu, lingkungan alam dan isinya dapat juga dijadikan media informasi, seperti manusia sendiri, binatang, tumbuhan, lingkungan di hutan, sungai, laut, danau, gunung, sawah, dsb-dsb.