Sumber : http://www.e-ddc.org/2010/12/electronic-dewey-decimal-classification.html

e-DDC atau kependekan dari “electronic-Dewey Decimal Classification” adalah sebuah freeware yang berfungsi untuk membantu tugas pustakawan dan/atau petugas perpustakaan dalam menentukan nomor klasifikasi koleksi dengan lebih cepat dan mudah dari pada menggunakan DDC versi cetak. Freeware ini saya buat menggunakan HTML Compiler sehingga ringan dan compatible dengan (hampir) semua OS/operating systems, baik Windows maupun Linux* (namun belum pernah dicoba pada Mac OS). Disamping itu, juga dapat digunakan bersama-sama dalam satu komputer dengan sistem informasi untuk perpustakaan (atau biasa disebut “automasi/otomasi perpustakaan”) yang sudah banyak beredar seperti Senayan/SLiMS, Athenaeum Light, LASer, LinsPro, dan sebagainya. Dan e-DDC Edition 22 ini adalah penyempurnaan dari e-DDC versi sebelumnya yang masih berdasarkan DDC (cetak) Edisi 21. Terdapat beberapa penyempurnaan dalam e-DDC Edition 22 dari versi sebelumnya, yaitu:

  1. Notasi 297 Agama Islam untuk e-DDC Edition 22 sudah “100 %” berdasarkan DDC (cetak) Edisi 22 (dengan catatan notasi 2×0 tetap disertakan untuk mengakomodasi pihak-pihak yang masih menggunakannya).
  2. Penyempurnaan notasi-notasi lainnya sesuai DDC (cetak) Edisi 22, seperti notasi 200 – 209 yang pada e-DDC versi sebelumnya tidak ada.
  3. Penambahan content Thesaurus yang memuat daftar kata-kata yang digunakan di e-DDC Edition 22 untuk menghindarkan kesalahan pengejaan.


Link download :
1. e-DDC.zip: http://www.4shared.com/file/mzHMy3AY/e-DDC.html
2. e-DDC.rar: http://www.4shared.com/file/Rn0PwO7b/e-DDC.html