Sejak tahun 2002, UPT Perpustakaan Undip bersama 16 perpustakaan lain di Indonesia yaitu Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, IDIS Fisip UI Depok, Universitas Udayana, Univeritas Mataram, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sriwijaya, Universitas Tanjung Pura, Universitas Haluleo, Universitas Nusa Cendana, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Papua, dan beberapa institusi lainnya seperti Multidonor Fund Office di Banda Aceh, Decentralization Support Facility Office di Jakarta, dan Bakti Office di Makasar, telah ditunjuk sebagai: Regional Information Outlet (RIO)-World Bank, yang merupakan bagian dari Indonesia Development Information Service (IDIS), yaitu suatu divisi Bank Dunia di Jakarta.

 

UPT Perpustakaan melalui proyek RIO secara berkala mendapatkan seluruh produk baik cetak maupun noncetak yang diproduksi oleh World Bank.

MISI

Misi IDIS adalah medekatkan World Bank dengan bangsa Indonesia dengan mengembangkan hubungan yang erat antara World Bank dan yang mendapatkan manfaat dari pelaksanaan World Bank secara luas. Hal ini dilakukan dalam rangka “sharing’ ilmu pengetahuan untuk memerangi kemiskinan melalui proyek-proyek yang menguntungkan masyarakat luas, mendukung pemerintah, rekonstruksi dan perbaikan ekoinomi di daerah-daaerah yang terkena bencana.

TUJUAN

IDIS bertujuan melibatkan masyarakat dalam diskusi dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan Indonesia dengan menyediakan suatu forum untuk bertukar pengalaman. Untuk itu IDIS menjadualkan setiap bulan terlaksanya kegiatan yang dimaksud.

Untuk mensosialisasi ‘sharing knowledge’ yang telah diupayakan oleh World Bank, IDIS menggunakan berbagai media dan tempat, termasuk internet, pembelajaran jarak jauh, simposium, dialog, materi cetak dan noncetak di berbagai pusat masyarakat.

JENIS KOLEKSI

Koleksi World Bank yang ada di UPT Perpustakaan meliputi antara lain informasi mengenai:

=> Pertanian dan pembangunan daerah

=> Perbankan dan investasi

=> Komoditas dan perdagangan

=> Ekonomi pembangunan

=> Pendidikan

=> Energi, pertambangan, dan industri

=> Lingkungan dan pencegahan polusi

=> Gender

=> Globalisasi

=> tata kelola, masyarakat sipil dan partisipasi

=> Kesehatan, populasi dan nutrisi

=> Infrastruktur, transportasi dan pembangunan kota

=> tenaga kerja/buruh dan pendapatan

=> Hukum

=> Kemiskinan

=> Pembangunan sektor swasta

=> Sektor publik

=> Politik dan sosial budaya

=> Teknologi, informasi dan komunikasi

=> Hal-hal yang berkaitan dengan Bank Dunia.

=> Sanitasi dan pengadaan air bersih.

=> Konflik dan perdamaian

CARA MENDAPATKAN KOLEKSI

Untuk mengakses koleksi tersebut dapat berkunjung secara langsung ke RIO World Bank UPT Perpustakaan Undip di Lantai III atau mengakses secara langsung ke http://www.worldbank.icebox.ingenta.com/