Nation Building Corner (NBC) Undip yang berlokasi di UPT Perpustakaan diresmikan pada hari Jumat tanggal 22 Oktober 2010 oleh Prof. Dr. dr. Ign. Riwanto, Sp BD mewakili Rektor Undip, disaksikan Direktur Yayasan Nurani Dunia, Imam Prasodjo, Ph.D dan pihak PLN (CS Purwanta, Ari Murti, Desti W) selaku penyandang dana dan para tamu undangantermasuk mahasiswa Undip.

Dalam sambutannya Imam Prasodjo berpesan agar mahasiswa senantiasa belajar, belajar, dan belajar selain disiplin ilmunya, juga membaca buku-buku yang berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa, para pendiri bangsa, bibliografi orang-orang ‘besar’ lokal (bangsa sendiri), hal ini penting untuk diketahui agar kita bisa menghargai dan belajar dari mereka yang berjasa dan memperjuangkan kemerdekaan dan pembangunan bangsa ini. Imam Prasodjo juga menyampaikan bahwa semua yang terlibat dalam pembangunan NBC dalam bidang jasa seperti desain ruangan oleh BD’A design dan jasa pengiriman buku JNE tidak mau dibayar.

Sedangkan Prof. Riwanto dalam sambutannya menyampaikan antara lain mengetahui pentingnya nilai-nilai sejarah bangsa dan pembangunan character bagi setiap generasi muda, maka perlu dipikirkan adanya kurikulum terkait dalam proses pembelajaran mahasiswa Undip.

NBC Undip, yang merupakan fasilitas hibah ke-3, setelah Sampoerna Corner, Pojok BNI, yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung perpustakaan, antara lain difasilitasi dengan ruang yang didesain oleh BD’A Design, berAC, berkarpet, meubelair modern, buku-buku yang berkaitan dengan pemikiran, gagasan, biografi para tokoh, kebangsaan dan informasi lain yang terkait dengan proses pembangunan bangsa Indonesia. Tujuan keberadaan NBC antara lain memberikan akses bacaan dan informasi penting yang berkaitan dengan nation building kegenerasi muda, memfasilitasi generasi muda dalam proses pemahaman bersama mengenai civic nationalism, berkaitan dengan upaya mewujudkan bangsa Indonesia yang cerdas, adil, dan makmur.

Undip merupakan salah satu Perguruan Tinggi Indonesia yang mendapatkan fasilitas NBC bersama UI, ITB, IPB, UGM, Universitas Cendrawasih, Universitas di Ternate Maluku Utara, Unsoed, dan Unair.